Mar 10 2011

uiiOne ~ MENUJU SATU DUNIA

Published by at 11:23 pm under Uneg-uneg

Merefleksi dari makna dari ultah TVOne, Pembaca tentu tidak asing membaca atau mendengar kata “Menuju Satu Dunia”. Istilah inilah yang baru-baru ini dilaunching TVOne ‘Terdepan mengabarkan’ dan dijadikan ‘icon’ baru untuk meningkatkan pelayanan kepada pemirsa Nusantara bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke 3, bahkan pengembangan pelayanannya tersebut menuju ke kancah internasional.

Dapat dibayangkan betapa hebatnya program TVOne didukung dengan teori pemasaran yang mengelobal. Padahal analognya usia TVOne baru merangkak 3 tahun, bagai seorang bayi yang masih terus belajar berjalan, hal inilah barangkali berkat kepak kemasan sajian acara yang mudah menembus pasar (market share/rating) yang signifikan, mudah merebut hati masyarakat pemirsa dengan acaranya serba aktual, selalu menghadirkan berita dan nara sumbernya secara langsung, barangkali ini yang menjadi ciri khas dan melebihi TV yang lain.

Yang lebih aneh lagi tayangan acara yang disajikan lebih banyak berkisar masalah berita atau pemberitaan, padahal masyarakat kita sekarang baru menggandrungi dan mabuk sinetron yang ceritanya tak karuan. Itulah sebuah pembelajaran baru yang perlu diketahui strategi dan peluang untuk merebut pasar.

Bagaimana dengan UII yang juga mempunyai visi menginternasional yang berharap setaraf dengan Negara-negara maju ? Hal inilah yang juga harus ditempuh dan dicari solusinya, dimana UII juga akan memasuki Ultah/Miladnya yang ke 68, ini merupakan moment yang sangat baik bagi sebuah perenungan dan pengembangan kedepan.

Walaupun selama ini sudah selalu dirintis dan dikembangkan oleh UII, diantaranya adanya dukungan sistem dalam bingkai kemasan serba IT, perolehan ISO, hasil BAN yang solid, peningkatan pemeringkatan Webomatrik, adop sistem SIAT dan masih banyak lagi lainnya, yang hal ini merupakan harga tinggi dalam mempertahankan eksistensinya yang tentu saja juga dibantu dengan banyaknya reputasi tokoh yang menasional milik UII.

Kedepan tentunya tantangan ini semakin tidak ringan mengingat tingkat kompetitif yang semakin tinggi, sehingga kesatuan dan persatuan visi, goals, sistem, komponen dan civitas yang ada didalam tubuh UII itulah yang harus selalu diunduh keikhlasannya. Tidak mengherankan apabila UII harus selalu belajar terus kepada Negara yang telah mendahului maju, yang konon dalam waktu dekat orientasi teknologi dan manajemen Korea juga menjadi pilihan untuk dicerna kepiawaiannya, karena telah menunjukkan kepesatan revolusi industrialisasinya setelah negara maju lainnya, Jepang misalnya, karena terbukti telah menjadi Negara baru yang sangat diperhitungkan tingkat ASIA. Apa salahnya jika kita belajar kesana dan juga belajar pada potensi lain yang ada di negara-negara maju lainnya. He he. (bei)

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.